Senin, 20 Mei 2019

SISTEM INFORMASI PARIWISATA

SISTEM INFORMASI PARIWISATA
(Oleh Yuniarti Musfa)

Sistem informasi pariwisata adalah sebuah sistem yang menyajikan segala informasi mengenai suatu destinasi melalui jejaring internet dalam bentuk website ataupun sistem online sejenisnya. Selain itu sistem ini menjadi strategi dalam memasarkan dan mempromosikan suatu destinasi, dan menjadi peluang untuk melakukan bisnis. Adanya sistem informasi pariwasata sangat mempermudah wisatawan yang akan melalukan perjalanan ke suatu destinasi.
Elemen situs web yang paling utama yaitu:
- Konten yang ditulis tepat waktu dan terbaru
- Gambar positif dari destinasi
- Mudah digunakan
- Menarik untuk menargetkan pasar, bisa menarik wisatawan
- Rasa profesional
- Informasi yang berguna untuk mengubah minat menjadi penjualan
Website sebaiknya dibuat dengan desain yang mudah dimengerti dan di buat semenarik mungkin agar menarik minat pengunjung, penting pula memberi halaman kontak yang harus selalu aktif untuk mempermudah siapa saja yg mengunjugi website.
Desain situ web umumnya memiliki beberapa fase yaitu:
- Eksplorasi, situs web ini menyediakan beberapa halaman yang menjawab semua pertanyaan seperti elemen mana yang seharusnya masuk, dan berapa banyak informasi yang harus diinput.
- Tata letak struktural, DMO harus bekerja sama dengan desainer proffesional agar bisa menciptakan website yang keren dan unik dan mudah untuk dipahami audiance
- Desain, mendesain halaman situs, termasuk grafik, warna, font spasi, dan gerakan
- Konten, konten ini sebenarnya bersamaan dengan desain. Disini mereka mengumpulkan dan menyediakan konten tertulis, foto, video dan file audio untuk dimasukkan ke dalam website
- Implementasi, konten sudah mulai dimasukkan kedalam website tetapi belum bisa dicari oleh audiens
- Testing, semua konten yang telah di paparkan feedbacknya akan kembali ke pengembang
- Launch, semua konten yang ada website sudah bisa di akses oleh audience.
- Maintenance, seluruh pekerja dan pengembang website tersebut akan selalu berupaya untuk mengembangkan situs web tersebut.
Adanya situs web tentang pariwisata ini sangat membantu terumata bagi kaum milenial yang selalu memanfaatkan jejaring internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar